Chevron dengan Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL): Pengembangan Konservasi Lingkungan dan Keuangan Mikro Berbasiskan Masyarakat di Jawa Barat, Indonesia

Studi kasus ini berjudul “Konservasi Lingkungan & Pengem-bangan Keuangan Mikro berbasis Masyarakat” (CBEC-MFD), suatu kemitraan antara Chevron dengan Yayasan Bina Usaha Ling-kungan (YBUL) untuk mengurangi penggundulan hutan dengan melibatkan masyarakat.  Kemitraan tiga-tahun tersebut dimulai pada bulan November 2009 dan dijadwalkan untuk berakhir pada bulan Desember 2012.

Kemitraan tersebut mendukung program pemberdayaan masya-rakat guna mengurangi tingkat degradasi hutan di Taman Nasional Halimun-Salak di Jawa Barat dimana Chevron mengo-perasikan pembangkit tenaga listrik panas bumi.  Sasaran dari pro-gram CBEC-MFD ini adalah masyarakat setempat yang mencakup kurang lebih 300.000 penduduk (sekitar 75.000 keluarga).

Chevron dan YBUL berpendapat bahwa masyarakat setempat harus memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan penggunaan lahan dan mendapatkan manfaat dari pengelolaan hutan di sekitar serta sumber dayanya tanpa merusak lingkungan.  Para mitra juga memahami bahwa dalam prosesnya masyarakat harus mampu memperoleh mata pencaharian yang berkelanjutan.  Para mitra mendukung hal-hal berikut ini: (1) konservasi hutan dan peningkatan pendapatan dari kegiatan ekonomi setempat seperti pengembang-biakan domba & kelinci, pertanian organik, dan pembibitan pohon; (2) suaka elang di wilayah-wilayah yang diten-tukan; (3) kegiatan komunikasi/kesadaran konservasi hutan; (4) pe-ngembangan keuangan mikro.  YBUL mengoordinasikan semua organisasi yang terlibat termasuk Chevron, empat LSM khusus yang menangani masing-masing masalah, serta pemerintah setempat.

Pada akhir 2011 sebagian besar anggota masyarakat menghen-tikan penebangan tanaman hutan dan masyarakat memperoleh pendapatan tambahan sebesar lebih dari 30 juta rupiah per tahun dari kegiatan usaha pembiakan domba dan pembibitan.  Kemitraan tersebut juga telah mendapatkan dana sekitar 60 juta rupiah dari pemerintah setempat guna membantu masyarakat.  Anggota masyarakat yang terlatih memberikan pendidikan kepada para pelajar tentang pelestarian burung elang. Dua kegiatan dilaksa-nakan untuk melepas burung elang kembali ke alam bebas dan pembuatan materi edukasi guna meningkatkan kesadaran atas perlunya perlindungan terhadap burung elang dan konservasi hutan. Sebuah situs web www.ybul.or.id dan www.suakaelang.org dapat diakses untuk mendapatkan informasi dan publikasi proyek tersebut.

Chevron dan YBUL terus bekerja sama menghadapi beberapa tan-tangan lain termasuk bagaimana: meningkatkan strategi keuangan mikro agar menguntungkan para petani; mencegah ketergantungan keuangan masyarakat terhadap Chevron; meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menciptakan usaha sendiri; dan bersama-sama memonitor dan mengevaluasi kegiatan.  Para mitra berkeinginan untuk meningkatkan kemitraan dengan melibatkan LSM dan pemerintah setempat pada daerah-daerah yang ditargetkan untuk membantu petani meneruskan kegiatan usaha mereka.

Download PDF Indonesia Download PDF English