Yayasan Ancora dan Indonesian Heritage Foundation: Sekolah Rakyat Ancora

Program Sekolah Rakyat Ancora adalah kemitraan antara Yayasan Ancora (Ancora Foundation) dan Indonesian Heritage Foundation (IHF). Program bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD termasuk kapasitas guru pengajarnya.

Model kemitraan yang dibangun mencerminkan keahlian masing-masing organisasi. Yayasan Ancora menggalang dana untuk pelatihan guru, melakukan identifikasi sekolah PAUD dan TK yang akan dilibatkan, melakukan pemberian bantuan teknis selama kegiatan berlangsung dan melakukan pengawasan dan evaluasi. Sementara IHF melakukan pelatihan guru, menyediakan modul Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK), buku cerita, alat per-mainan edukatif (APE), buku rencana belajar harian, literatur pendukung dan signboard bagi mitra.

Hingga akhir tahun 2015, Sekolah Rakyat Ancora telah berhasil melatih 830 guru dari 415 sekolah PAUD yang memberikan dampak bagi lebih dari 12.000 anak di seluruh Indonesia. Materi pelatihan dan pengajaran PAUD yang dihasilkan adalah 6 modul PHBK, 122 buku cerita, 74 alat permainan edukatif, 1 modul pilar, 1 set buku pilar dan 5 literatur pendukung yang digunakan untuk merancang dua tahun sesi pembelajaran.

Download PDF Indonesia Download PDF English