PT Trakindo Utama (Trakindo) dan Yayasan Hope Indonesia (YHI): Membangun Kesiapsiagaan Bencana Melalui Pendidikan

Prakarsa untuk menggalang kerja sama dalam program kesiapsiagaan bencana diwujudkan dalam program kemitraan yang dilaksanakan PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai inisiator bersama mitranya Yayasan Hope Indonesia. Kemitraan ini terjalin karena kedua belah pihak memiliki ketertarikan yang sama pada penanggulangan bencana, khususnya dalam bagian kesiapsiagaan bencana, sebuah fase penanggulangan bencana yang dipertimbangkan masih kurang partisipasi para pihak (terutama perusahaan swasta) yang terlibat di dalamnya.

Program kesiapsiagaan bencana yang dilaksanakan pada tahun 2015 ini merupakan program pelatihan bagi guru dan siswa sebagai kelompok yang rentan dari dampak bencana. Terdapat 11 SDN yang merupakan sekolah binaan Trakindo yang tersebar di wilayah-wilayah kerja Trakindo, yaitu: Palu, Merauke, Pangkalan Bun, Meulaboh, Kendari, Ambon, Kupang, Bogor, Medan, Ternate, dan Padang yang mendapatkan program pelatihan ini. Materi yang diberikan kepada para guru dan siswa meliputi: siaga menghadapi tsunami, banjir lahar dingin, angin puting beliung, kebakaran, banjir dan gempa bumi.

Tujuan dari program kesiapsiagaan bencana ini adalah:

  • Membangun budaya siaga dan budaya aman di sekolah dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana;
  • Meningkatkan kapasitas institusi sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru, anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah;
  • Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah.

Dalam program kesiapsiagaan bencana, kedua belah pihak saling melengkapi dalam perannya masing-masing. Trakindo melibatkan 10 karyawan sebagai relawan pengajar dalam pelatihan kesiapsiagaan bencana. YHI sebagai technical advisor melibatkan expertisenya dalam pembuatan modul, serta Hope worldwide mendukung dengan melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program.

Program kemitraan Trakindo dan YHI tersebut menghasilkan hampir 250 guru dan 2.500 siswa telah mengikuti program kesiapsiagaan bencana.

Download PDF Indonesia Download PDF English