PT Holland for Water (NAZAVA) dan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN): Program Baduta: Bagaimana Air Bersih Membantu Mengurangi Stunting (Balita Pendek)

Program Baduta: Bagaimana air bersih membantu mengurangi stunting (balita pendek), merupakan kemitraan antara PT Holland for Water (NAZAVA) dan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). Kerja sama ini dimulai dari September 2014, berlatar belakang akan kesamaan perhatian terhadap status gizi terutama pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan ketersediaan air minum layak dan bersih yang diharapkan dapat meningkatkan status gizi anak dan mengurangi angka balita pendek.

Pengimplementasian program dilakukan di 6 kecamatan yaitu 3 di kabupaten Malang dan 3 di kabupaten Sidoarjo. Target utama yang menjadi fokus dari program ini adalah Ibu hamil dan bayi di bawah dua tahun (baduta) sebagai upaya mendukung 1000 HPK. Kegiatan yang dilakukan yaitu NAZAVA memberikan asesmen air masyarakat dan pendidikan mengenai HWTS (Household Water Treatment and Safe storage) dan kualitas air kepada 125.000 orang, kemudian mulai melakukan pembentukan rantai pasokan yang berkelanjutan dari filter air rumah tangga melalui wirausahawan filter air kepada 30.000 orang dengan air minum aman, dan yang terakhir melakukan pembangunan kapasitas untuk sistem air masyarakat kepada 1.000 rumah tangga dengan akses air bersih.

Dalam pelaksanaan kegiatan, PT Holland for Water (NAZAVA) dan GAIN melakukan pembagian tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. PT Holland for Water (NAZAVA) sebagai perusahaan air minum berperan dalam meneliti, memberikan penilaian kualitas air masyarakat, dan memberikan pengetahuan mengenai cara memilih sampai menyimpan air minum dengan benar. Sedangkan GAIN, berperan dalam memfasilitasi program kepada masyarakat dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Kedua pihak juga saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam proses pengimplementasian program di enam kecamatan.

Hasil yang dicapai oleh Program Baduta hingga tahun 2016 adalah 2.000 ibu kader desa dan 20.000 ibu-ibu memperoleh pelatihan mengenai air minum sehat dan aman; pelatihan rantai suplai teknologi air minum sehat kepada 80 wirausaha yang 95% nya terdiri dari perempuan.

Download PDF Indonesia Download PDF English