PT Frisian Flag Indonesia dan Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM UI : Gerakan Nusantara: Peningkatan Gizi Anak Sekolah Dasar

Program Gerakan Nusantara merupakan kemitraan antara Frisian Flag Indonesia (FFI) dan Pusat Kajian Gizi dan Keluarga (PKGK), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Kerja sama ini dimulai sejak tahun 2013, berlatar belakang pada kesamaan perhatian akan masalah gizi utamanya terkait dengan topik stunting di Indonesia.

Kegiatan dibagi ke dalam tiga kelompok intervensi yaitu Full Treatment, Half Treatment dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 Sekolah Dasar (SD) yang dipilih secara random setiap tahunnya. Pembedaan kelompok intervensi ini adalah sebagai upaya FFI dan PKGK untuk mengukur dampak program yang dihasilkan. Secara lengkap kegiatan yang dilakukan berupa edukasi gizi aktivitas fisik, pembagian susu, pelatihan guru, dan pelatihan siswa untuk kelompok Full Treatment; sedangkan kelompok intervensi Half Treatment melaksanakan kegiatan yang sama namun tanpa pelatihan siswa. Terakhir, kelompok intervensi kontrol, hanya mendapatkan kegiatan aktivasi berupa edukasi gizi dan aktivitas fisik.

Dalam pelaksanaan kegiatan, FFI dan PKGK berbagi peran sesuai dengan kompetensi masing-masing pihak. PKGK sebagai organisasi akademis, berperan dalam pengembangan disain survei pengetahuan-sikap-praktik (KAP) baik untuk baseline maupun pascaprogram, penentuan sampel, pengumpulan data dan analisa hasil survei. Sedangkan FFI membantu memfasilitasi kegiatan survei di lima wilayah program, termasuk melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah. Kedua pihak juga saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan intervensi di seluruh sekolah dasar yang dilibatkan.

Hasil yang dicapai oleh program sejak tahun 2013 hingga 2015 adalah lebih dari 600.000 murid SD mendapat pengetahuan mengenai gizi dan yang berasal dari 1.250 SD; 300 guru telah mengikuti pelatihan yang berasal dari 60 SD di wilayah Medan Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Download PDF Indonesia Download PDF English