Palang Merah Indonesia (PMI), Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), dan PT Zurich Insurance Indonesia (ZII): Program Masyarakat Tangguh Banjir di Indonesia

Program Masyarakat Tangguh Banjir adalah produk kemitraan global antara Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) dan Zurich Insurance Group (Zurich) yang dilaksanakan di empat negara Nepal, Peru, Mexico, Indonesia. Dalam mewujudkan program ini di Indonesia, pihak IFRC dilaksanakan oleh PMI, yang merupakan anggota IFRC; dan oleh Zurich Insurance Indonesia (ZII) yang merupakan perusahaan asuransi umum, bagian dari Zurich Insurance Group.

Kemitraan tidak hanya diarahkan pada penyediaan dana, material, dan tenaga, namun juga dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasinya, termasuk terhadap keberlangsungan program. Konsep dalam kemitraan ini adalah penggabungan keahlian dan pengalaman. Zurich yang berpengalaman dalam hal manajemen risiko digabungkan dengan IFRC dan PMI yang berpengalaman dalam melakukan program berbasis masyarakat jangka panjang, dengan fokus pada pengurangan risiko bencana. Dalam pelaksanaan program, PMI bertindak sebagai leader untuk memimpin masyarakat yang menjadi pelaksana program. Sementara Zurich berkomitmen untuk tidak hanya menyumbangkan dana, tapi juga terlibat aktif melibatkan karyawannya dengan menyumbangkan waktu, keahlian, pengetahuan, dan pengalaman. Partisipasi yang tinggi dari semua komponen masyarakat, pemerintah, serta perguruan tinggi maupun institusi lainnya juga dilibatkan untuk mendukung kemitraan ini agar mampu membangun masyarakat tangguh banjir.

Download PDF Indonesia Download PDF English