Nestlé Indonesia dan Perkumpulan Migunani: Menciptakan Manfaat Bersama Melalui Program Integrated Community Empowerment di Desa Guliling, Mamuju

Nestlé mengintegrasikan pengembangan bisnis berkelanjutan ke dalam aktivitas bisnis sehari-hari dengan melalui pendekatan creating shared value (CSV) atau dikenal juga dengan istilah menciptakan manfaat bersama. Pendekatan ini mengangkat perbaikan gizi, penyediaan air bersih dan pembangunan pedesaan sebagai tiga fokus utama di sekitar area operasional bisnis mereka, atau kemudian disebut sebagai integrated community empowerment di Desa Guliling. Kontribusi terhadap kualitas hidup para pemasok diharapkan akan berdampak terhadap peningkatan kualitas bahan baku yang dihasilkan dan memenuhi standar perusahaan. Untuk menjalankan program CSV di Desa Guliling, Nestlé bermitra dengan Perkumpulan Migunani.

Integrated community empowerment di Desa Guliling diterapkan selama tiga tahun, yaitu selama 2015 – 2017. Melalui program ini, Nestlé tak hanya berhasil menyediakan akses terhadap air bersih dan sanitasi, namun juga berhasil mengubah pola hidup masyarakat Desa Guliling untuk menjadi lebih sehat, meningkatkan pelayanan kesehatan, sekaligus mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menggunakan pendekatan partisipasi warga, Nestlé berharap program integrated community empowerment ini dapat menumbuhkan rasa kepemilikan masyarakat setempat guna memastikan keberlangsungan program di masa yang akan datang.


Download PDF Indonesia Download PDF English