Knowledge Sector Initiative (KSI) dan Cakra Wikara Indonesia (CWI): Memperkuat Kapasitas Lembaga Riset Kebijakan

Dalam upaya mencapai tujuan meningkatkan taraf kehidupan rakyat Indonesia melalui proses pembuatan kebijakan publik yang lebih berkualitas dengan menggunakan penelitian, analisis dan bukti secara lebih baik, pemerintah Australia dan Indonesia membentuk sebuah kerja sama yang diberi nama: Knowledge Sector Initiative (KSI), sebuah program kemitraan  untuk memperkuat kapasitas lembaga riset kebijakan dalam menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang mampu berperan mendorong proses pembuatan kebijakan publik berbasis bukti (

KSI fase 1 berlangsung pada tahun 2013-2017 dengan menitikberatkan pada pembenahan lembaga-lembaga riset kebijakan. Secara bertahap 16 lembaga riset dipilih oleh KSI kebijakan. Secara bertahap 16 lembaga riset dipilih oleh KSI untuk menjadi mitra dengan menerima program pemberian hibah Dana Inti (Core Funding). Tujuannya adalah  untuk memperkuat kapasitas lembaga riset kebijakan melalui pengembangan organisasi, peningkatan kualitas dan komunikasi penelitian. KSI juga mendukung mitra lembaga riset melalui peer review artikel jurnal dan peer support dalam menjalankan proposal penelitian.  Salah satu mitra KSI fase 1 adalah Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia. Hasil kemitraan KSI dan Puskapol di fase 1 meliputi: pengembangan kapasitas lembaga yang mencakup penulisan dokumen rencana strategis lembaga, mendorong hasil riset untuk advokasi kebijakan, komunikasi penelitian, serta peningkatan kualitas produksi penelitian dan manajemen.

Saat ini KSI tengah mempersiapkan fase 2 untuk periode program 2017–2022.  KSI melakukan kemitraan dengan Cakra Wikara Indonesia (CWI) sebuah sebuah lembaga riset kebijakan independen yang beranggotakan para peneliti dari Puskapol yang terlibat langsung dalam kemitraan dengan KSI di fase 1. Kemitraan KSI dan CWI merupakan kelanjutan dari kemitraan KSI dengan Puskapol di fase sebelumnya.

Di KSI fase 2, CWI  bergabung dalam Aliansi Riset Kebijakan (ARK) Indonesia, yang merupakan aliansi lembaga riset mitra KSI. KSI berencana meneruskan kemitraan dengan CWI dan aliansi ini.  Fasilitasi yang diberikan kepada Aliansi sejalan dengan misi KSI ke depan, yaitu membangun sektor pengetahuan yang sehat melalui keempat area fokus: peningkatan kualitas penelitian dan komunikasinya, peningkatan dana penelitian, pembentukan sistem manajemen pengetahuan, dan diskursus publik.

Download PDF Indonesia Download PDF English