Indika Foundation dan PT Ganara Art: Mari Berbagi Seni untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Anak Muda Indonesia

Program Berpikir Kritis dan Inklusi Sosial atau Critical Thinking and Social Inclusion (selanjutnya disebut CTSI) melalui pendidikan seni rupa yang dicetuskan oleh Mari Berbagi Seni (MBS) adalah program yang diperuntukkan bagi siswa setara SMA/SMK di penjuru Indonesia. Isu utama yang diangkat dalam program ini adalah tentang berpikir kritis sebagai dasar untuk memahami keberagaman. Pada tahun 2018 ini program CTSI yang dijalankan MBS mencakup 9 wilayah di seluruh penjuru Indonesia.

Bersama Indika Foundation, Ganara Art dapat menjalankan program di 4 wilayah di Indonesia, yaitu Ambon, Makassar, Maluku Tengah, dan Yogyakarta. Dalam hal ini, Ganara Art sebagai pihak swasta justru didukung oleh Indika Foundation yang merupakan yayasan yang didirikan oleh Indika Energy Group.

Bentuk kolaborasi yang diberikan terhadap program tidak hanya sebatas pada dana, tetapi juga dalam hal berbagi network (di mana Indika Foundation telah memiliki positioning yang kuat dengan perusahaan subsidiaries Indika Energy Group lainnya serta mitra-mitra yang telah dibangun, sedangkan Ganara Art memiliki network dan data terhadap sekolah-sekolah yang dituju), human capital dan juga pengalaman. Meskipun pada awalnya perjanjian kolaboratif ini hanya berlangsung hingga bulan Desember 2018, namun dengan hasil yang telah diraih, Indika Energy kembali membuka kesempatan pengajuan proposal untuk terus dijalankan sepanjang tahun 2019.

Download PDF Indonesia Download PDF English