BTPN dan SB-IPB: Program Daya Tumbuh Usaha

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) berfokus pada segmen masyarakat berpenghasilan rendah termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat prasejahtera produktif (mass market).  BTPN meyakini nasabah mass market tidak hanya membutuhkan akses finansial, tetapi juga pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas usaha dan kualitas hidup mereka.

Untuk mewujudkan itu, BTPN mengimplementasikan sebuah program pendampingan dan pemberdayaan nasabah yang disebut Daya. Daya adalah sebuah program pemberdayaan yang dilaksanakan BTPN secara berkelanjutan dan terukur yang diperuntukkan bagi seluruh nasabah BTPN.

Daya memiliki tiga pilar program, yaitu Daya Sehat Sejahtera, Daya Tumbuh Usaha, dan Daya Tumbuh Komunitas. Guna meningkatkan kualitas Program Daya, khususnya Daya Tumbuh Usaha, BTPN menggandeng Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) untuk ikut menyusun kurikulum pelatihan yang dibutuhkan nasabah. BTPN dan SB-IPB meyakini implementasi program Daya dapat meningkatkan kapasitas usaha nasabah.

Kerja sama antara BTPN dan SB-IPB dimulai pada 2009 melalui proyek pengembangan modul dan penelitian terhadap kebutuhan nasabah. Kerja sama kemudian berkembang menjadi penyusunan kurikulum, satuan acuan pengajaran dan penyempurnaan modul untuk Daya Tumbuh Usaha pada 2012. Selain penyusunan dan pengembangan kurikulum, kerja sama antara BTPN dengan SB-IPB juga meliputi survei dan evaluasi kegiatan, pemantauan dampak program terhadap penerima manfaat dan penyediaan akses terhadap jenis usaha baru.  Implementasi program didukung oleh kantor cabang dari unit bisnis BTPN di seluruh Indonesia.

Program Daya Tumbuh Usaha (DTU) terdiri dari 3 sub program yakni Program Informasi Usaha, Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan dan Peluang Usaha Baru. Selain melalui pelatihan dengan metode tatap muka, pelaksanaan program Daya Tumbuh Usaha diberikan melalui poster dan flyer yang berisi informasi dan tips kewirausahaan.

Sebagai wujud apresiasi bagi nasabah yang telah mengikuti empat modul pelatihan, BTPN dan SB-IPB telah mewisuda lebih dari 10 ribu nasabah. Sementara jumlah peserta Daya Tumbuh Usaha mencapai 187 ribu peserta, yang dipandu oleh 160 pelatih bersertifikasi.

Menghadapi era digital saat ini, kurikulum yang terdapat dalam DTU nantinya juga akan mencakup pengenalan e-commerce kepada nasabah yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya.  Upaya ini, juga melibatkan para mahasiswa untuk melatih pengusaha mikro dan kecil untuk melakukan pemasaran secara online.

Download PDF Indonesia Download PDF English