Peserta EPSP angkatan ke-8 foto bersama setelah penyerahan sertifikat dan penyematan pin. ©CCPHI, 2018.

Wisuda EPSP Angkatan ke-8

CCPHI bersama dengan Universitas Paramadina menyelenggarakan Wisuda EPSP angkatan ke-8 pada hari Kamis, 8 November 2018 di Kampus Pascasarjana, Universitas Paramadina. Dalam kesempatan ini, Prof. Firmanzah PhD, selaku Rektor Universitas Paramadina memberikan sambutan sekaligus membuka jalannya acara. Prof. Firmanzah PhD menyampaikan mengenai pentingnya kolaborasi dan kerja sama lintas sektor, di mana para wisudawan/wisudawati harus menjadi agen perubahan dalam berkolaborasi dengan berbagai sektor.

Sebagai syarat akhir, para peserta EPSP mempresentasikan prototype program kemitraan berdasarkan pengetahuan yang didapat selama mengikuti kelas EPSP dan kunjungan lapangan. Peserta terbagi menjadi tiga kelompok dan mempresentasikan berbagai topik yang meliputi: 1) Kelompok Atung menyampaikan presentasi tentang “Meningkatkan Pendapatan Petani Madu melalui Program Kemitraan Wirausaha di Desa Ujung Jaya, Ujung Kulon, Banten”; 2) Kelompok Bhin-bhin menyampaikan presentasi tentang “Pengembangan Bisnis Wisata Alam Berkelanjutan di Desa Ujung Jaya, Ujung Kulon, Banten”; dan 3) Kelompok Kaka menyampaikan presentasi tentang “Strategi Menurunkan Angka Kematian Ibu di Kabupaten Bogor”. Berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya, EPSP angkatan ke-8 menghadirkan dua orang panelis dalam presentasi prototype peserta, yaitu Kemal Soerjawidjaja dari Partnership ID dan Kindaris dari PNM.

Acara diakhiri dengan proses pelantikan ke 16 wisudawan/wisudawati. Pemberian sertifikat dilakukan oleh Prof. Firmanzah PhD, dan penyematan pin oleh Dian Rosdiana, Direktur Eksekutif CCPHI serta Dr. Handi Risza Idris dari Universitas Paramadina.

EPSP Angkatan ke 8 dimulai pada bulan Agustus hingga November 2018 dan diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari sektor swasta, LSM, dan pemerintah.