Saling Percaya untuk Bekerjasama

Jakarta – Majalahcsr. Gotong rotong menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Rasa ini muncul karena ada rasa sosial satu sama lain.

Untuk bekerjasama / bermitra dalam mewujudkan suatu tujuan bersama tidak bisa dilandasi atas dasar suka dan tidak, namun semua pihak harus dilibatkan dalam partnership. Semuanya berarti termasuk pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar.

Managing Partner dari Partnership-ID, Kemal Soeriawidjaja menyoroti salah satu aspek yang cenderung dilupakan adalah kaum yang tidak berdaya atau kaum marginal. Sedangkan untuk mengenal pihak lain, termasuk kaum marginal, perlu membangun kepercayaan antara satu dengan yang lain.

“Membangun kepercayaan satu sama lain yang merupakan suatu proses,” paparnya (5/3).

Salah satu cara untuk membangun kerjasama atau bermitra dengan pihak lain, Kemal memberikan sebuah acuan yang terdiri dari beberapa aspek. Yaitu building trust (basic foundation, avoid threat, new solution), shared value (creating economic value, promote growth, not about personal value nor sharing value), inclusive business (fair trade, base of piramid,doing business with the poor).


Artikel diambil dari MajalahCSR.id :www.majalahcsr.id/saling-percaya-untuk-bekerjasama/