Respond, Recover, Rebuild Better - Kemitraan untuk Membangun Kembali Indonesia Secara Berkelanjutan

Jalal, salah seorang strategic partner CCPHI memberikan paparan “Respond, Recover, Rebuild Better: Kemitraan untuk Membangun Kembali Indonesia secara Berkelanjutan” dalam webinar Kantor Staf Presiden Republik Indonesia “Sinergi Gerak Masyarakat: Menghadapi Dampak Adaptasi Kebiasaan Baru” yang diselenggarakan pada 23 Juni 2020.

Dalam presentasinya, ia mengutip hasil penelitian dari GlobeScan yang berjudul Purposeful Leadership in a Time of Crisis. Penelitian tersebut menggambarkan respon perusahaan terhadap pandemi Covid-19 hingga tanggal 30 Maret 2020.  Selama periode tersebut terdapat 12 inisiatif respon utama yang bisa dikelompokkan dalam 4 kategori yaitu: business adaptation, philanthrophy, collaborative, dan shared value. Tiga kategori terakhir mempersyaratkan kemitraan yang erat dengan pemangku kepentingan.

Torres-Rahman dan Nelson dalam Business and COVID 19 mempublikasikan kerangka respon sebagai acuan bagaimana sektor bisnis dapat mendukung lives (kesehatan dan keamanan), livelihoods (pekerjaan dan pendapatan), dan learning (pendidikan dan keahlian) yang dapat dilakukan dalam tiga jangka waktu yaitu: respond, recover, dan rebuild better.

Beragam inisiatif telah dilakukan oleh sektor bisnis di Indonesia sebagai respon terhadap COVID 19 dalam kategori business adaptation, shared value, collaboration, dan philanthrophy. Berbagai inisiatif tersebut telah dilakukan baik secara sendiri maupun dilakukan bersama-sama dengan para pemangku kepentingan lain baik dari sektor pemerintah maupun masyarakat sipil.

Untuk membaca materi presentasinya secara lengkap, silakan download disini