Kompetensi Analis Kebijakan untuk Kebijakan yang Lebih Baik

Sebagai bagian dari kerjasama CCPHI dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) dalam membangun private sector engagement dengan sektor pengetahuan, CCPHI diwakili oleh Dian Rosdiana (Direktur Eksekutif ) berpartisipasi dalam kegiatan KSI bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI), berupa Knowledge Sharing yang bertema: Kompetensi Analis Kebijakan untuk Kebijakan yang Lebih Baik. Kegiatan ini diselenggarakan pada 15-16 Maret 2018 di Makassar dan dihadiri oleh para peserta dari Jakarta dan Makassar meliputi pemerintah, LSM, perguruan tingi, lembaga donor.

Kegiatan ini merupakan dukungan terhadap salah satu upaya pemerintah untuk mengisi ruang perbaikan kebijakan yang dilakukan dengan peningkatan kualitas kebijakan publik di dalam paratur Sipir Negara (ASN). Upaya peningkatan kapasitas pemangku Analis Kebijakan dilakukan dengan kerjasama yang dilakukan KSI bersama LAN c.q Pusat Pembinaan Analis Kebijakan (PUSAKA).

Sejak 2017, KSI bersama LAN dan Asosiasi Analis Kebijakan (AAKI) menginisiasi penyusunan Standar Kompetensi Analis Kebijakan Indonesia (SKKNI) profesi analis kebijakan bagi masyarakat yang lebih luas termasuk akademisi, lembaga non-pemerintah, swasta dan lain-lain, demi mewujudkan atmosfer kebijakan publik yang lebih baik dan memberikan manfaat besar bagi kepentingan publik di Indonesia, termasuk di dalamnya kepentingan sektor swasta.