Forum Riset & Bisnis (FRB) #3: Mencari Model Kemitraan Swasta dan Lembaga Riset: Pengalaman Praktis APINDO, KPPOD dan KSI

Forum Riset & Bisnis (FRB) #3 diselenggarakan pada Rabu, 21 Maret, dengan topik “Mencari Model Kemitraan Swasta dan Lembaga Riset: Pengalaman Praktis APINDO, KPPOD dan KSI” bertempat di kantor Knowledge Sector Initiative (KSI), gedung perkantoran Ratu Plasa lantai 9, Jakarta. FRB#3 menghadirkan narasumber dari Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan KSI.
 

Tema FRB #3 mengulas pengalaman KPPOD dalam membangun kemitraan antara sektor swasta dan lembaga riset kebijakan, yang disampaikan oleh Endi Jaweng, Direktur Eksekutif KPPOD. Serta ulasan mengenai perspektif riset kebijakan bagi reformasi ekonomi dari sisi dunia usaha, oleh Agung Pambudhi, Direktur Eksekutif APINDO. Janes Imanuel Ginting, Deputy Team Leader KSI selanjutnya membahas proses trust building dalam kemitraan yang terjadi di antara KPPOD dan APINDO.
 

Forum ini menyimpulkan kunci membangun hubungan antara lembaga riset dan sektor swasta adalah proses trust building atau membangun kepercayaan antara kedua pihak (lembaga riset kebijakan dan sektor swasta). Dalam membangun kepercayaan ini dibutuhkan kegiatan komunikasi antara kedua belah pihak untuk saling menyampaikan knowledge yang dimiliki, agar masing-masing bertemu di satu kesamaan kepentingan untuk bisa saling bekerja sama.
 

Forum Riset & Bisnis #3 dihadiri oleh: 39 peserta dari sektor swasta (termasuk perusahaan, filantropi dan media) dan lembaga-lembaga riset. Diskusi kali ini dipandu oleh Achmad Noorsubchan, Mars Indonesia.