Narasumber dan Moderator pada Forum Riset dan Bisnis #5, Eka Wahyuni, Erna Irawati, Basrie Kamba, dan Marendra Sadikin. CCPHI, 2018.

Forum Riset & Bisnis #5: Ruang Kemitraan Sektor Swasta dan Analis Kebijakan dalam Proses Pembuatan Kebijakan Publik

Forum Riset dan Bisnis (FRB) #5 diselenggarakan pada Selasa, 27 November 2018 dengan topik: “Ruang Kemitraan Sektor Swasta dan Analis Kebijakan dalam Proses Pembuatan Kebijakan Publik” bertempat di kantor Knowledge Sector Initiative (KSI), gedung perkantoran Ratu Plaza, Jakarta. FRB #5 menghadirkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia sebagai salah satu komponen pembuatan kebijakan di Indonesia, Indonesia Business Links (IBL) serta Eurocham Indonesia sebagai perwakilan industri.

FRB #5 mengulas pengalaman Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam konteks peran dan tugas dari para analis kebijakan di Indonesia, disampaikan oleh Erna Irawati selaku Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia. FRB kali ini juga membahas mengenai pentingnya agenda setting dan policy cycle pada sektor privat yang disampaikan oleh Basrie Kamba sebagai perwakilan Board of Management, Indonesia Business Links (IBL). Sedangkan Eka Wahyuni yang saat ini menjabat sebagai Senior Advocacy Manager dari Eurocham Indonesia membahas mengenai peran asosiasi dalam pembuatan kebijakan publik.

Forum ini menyimpulkan bahwa partisipasi analis kebijakan, pemerintah, dan pelaku usaha maupun asosiasi sangat esensial di dalam proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi kebijakan. Untuk itu, proses membangun kepercayaan dan komunikasi melalui kemitraan merupakan suatu jembatan penting dalam mencapai kerja sama yang efektif dan esensial.

Forum Riset & Bisnis #5 dihadiri oleh: 30 peserta dari sektor swasta (termasuk perusahaan, filantropi, dan media) dan lembaga-lembaga riset. Diskusi kali ini dipandu oleh Marendra Cahya Sadikin selaku Partnership Building Specialist dari CCPHI.