Narasumber Forum Riset dan Bisnis#4, Gautama Adi Kusuma, Arief Budiman, Budiati Prasetiamartati. © CCPHI,2018.

Forum Riset & Bisnis #4: Talkshow Peran Lembaga Penelitian dan Dunia Industri dalam Mendorong Kebijakan Publik Berbasis Bukti

Forum Riset dan Bisnis (FRB) #4 diselenggarakan pada Rabu, 29 Agustus 2018 dengan topik: “Peran Lembaga Penelitian dan Dunia Industri dalam Mendorong Kebijakan Publik Berbasis Bukti” bertempat di kantor Knowledge Sector Initiative (KSI), gedung perkantoran Ratu Plaza lantai 9, Jakarta. FRB #4 menghadirkan nara sumber dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (KSP), KSI, dan praktisi government relations.

Tema FRB #4 mengulas pengalaman Kantor Staf Presiden dalam proses pembuatan kebijakan publik dan peluang kerja sama dengan lembaga penelitian dan dunia industri, disampaikan oleh Gautama Adi Kusuma, Asisten Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Talkshow kali ini juga membahas tentang kinerja dan peran lembaga penelitian kebijakan oleh Budiati Prasetiamartati, Program Lead Policy Innovation and Development KSI. Arief Budiman, Praktisi Government Relations selanjutnya membahas peran umum dunia industri dalam kebijakan publik.

Forum ini menyimpulkan partisipasi lembaga riset, pemerintah, dan pelaku usaha sangat esensial di dalam proses pembuatan, implementasi, dan evaluasi kebijakan berbasis bukti. Untuk itu, proses membangun kepercayaan dan komunikasi sangat penting di antara berbagai pihak dan lapisan untuk dapat mencapai kerja sama yang maksimal.

Forum Riset & Bisnis #4 dihadiri oleh: 47 peserta dari sektor swasta (termasuk perusahaan, filantropi, dan media) dan lembaga-lembaga riset. Diskusi kali ini dipandu oleh Siti Ruhanawati – Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur/KIAT.