Forum Riset & Bisnis #1: Pengembangan Ekonomi, Kesejahteran dan Kesehatan Masyarakat

CCPHI kini memiliki Forum RIset & Bisnis (FRB) yaitu sebuah forum yang mempertemukan sektor bisnis dengan dunia riset. Tujuannya adalah menciptakan hubungan, membangun rasa saling percaya, dan membagi pengalaman dalam kemitraan sektor bisnis dengan dunia riset yang berdampak positif pada peningkatan dan keberlanjutan pembangunan ekonomi.


FRB#1 kali ini diselenggarakan pada Rabu, 22 November 2017 di Knowledge Sector Initiative (KSI) bertempat di Gedung perkantoran Ratu Plasa lantai 9, Jakarta. Tema diskusi dalam forum ini adalah: “Pengembangan Ekonomi, Kesejahteran dan Kesehatan Masyarakat”. Pada forum ini tampil sebagai narasumber dari lembaga-lembaga riset yaitu: Smeru diwakili oleh Asep Suryahadi; Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) UGM diwakili oleh Shita Dewi; Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta diwakili oleh Dadi Darmadi. Para peserta umumnya adalah wakil dari sektor swasta dengan sebagian dari lembaga-lembaga riset yang tergabung dalam Aliansi Riset Kebijakan (ARK) di bawah KSI.


Pada Forum Riset dan Bisnis #1 ini, forum membahas gap yang terjadi dalam persepsi lembaga penelitian dengan sektor bisnis. Gap ini muncul di antara harapan perusahaan-perusahaan swasta terhadap kinerja lembaga riset yang mendukung kebutuhan bisnis mereka, dengan lembaga riset yang mengedepankan independensi dalam riset yang dihasilkan. Salah satu hal menarik yang muncul misalnya adalah, bagi sektor swasta ada batasan untuk mempublikasikan hasil riset karena pertimbangan kompetisi bisnis. Sementara bagi lembaga riset salah satu kepentingan dalam melakukan riset adalah mempublikasikan hasil riset. Pada akhir forum, kedua sisi sepakat bahwa dalam kemitraan di antara sektor bisnis dan lembaga riset, kedudukan mereka adalah equal.


Forum Riset & Bisnis #1 dihadiri oleh: 29 peserta dari sektor swasta (termasuk perusahaan, filantropi dan media) dan lembaga-lembaga riset. Diskusi kali ini dipandu oleh Ananta Gondomono, Partnership Building Officer, CCPHI.