Forum Khusus: Kemitraan Sektor Swasta untuk Pelestarian Keanaekaragaman Hayati

CCPHI dan Burung Indonesia mengadakan sebuah sesi diskusi dalam bentuk Forum Khusus  yang diselenggarakan pada tanggal 25 Februari 2020 membahas tentang program kemitraan Burung Indonesia yang dilakukan bersama ETAB Technologies dengan tujuan meningkatkan kesadartahuan masyarakat mengenai pelestarian burung liar dan habitatnya di Indonesia.  Sonny Sukada bertindak sebagai moderator dalam Forum yang dihadiri oleh perwakilan dari sektor swasta, media dan LSM.

Burung Indonesia (BI) merupakan organisasi yang didirikan untuk bekerja bersama masyarakat melaksanakan perlindungan seluruh jenis burung liar dan habitatnya di Indonesia. Burung Indonesia berhasil melahirkan berbagai inisiatif dan model pengelolaan sumber daya alam yang diperkuat dan dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Program-program tersebut mampu mengarusutamakan pengelolaan keanekaragaman hayati ke dalam kebijakan di berbagai tingkatan hingga ke kehidupan masyarakat sehari-hari.

ETAB merupakan platform layar sentuh yang menyediakan ruang untuk konten promosi dan iklan di perangkat digital (tablet digital). Burung Indonesia diberikan ruang pada ETAB untuk menampilkan video-video yang betujuan untuk menaikkan kesadartahuan masyarakat mengenai burung liar dan sekaligus mengajak berdonasi secara langsung ataupun melalui pembelian merchandise. Tablet digital ini bisa dijumpai di layanan transportasi online seperti Bluebird, Go-Car, dan Grabcar. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkenalkan hasil kerja Burung Indonesia sekaligus menggalang dukungan masyarakat lebih luas untuk pelestarian keanekaragaman hayati.