Peserta FKB ke-10. ©CCPHI, 2018.

Forum Kesehatan & Bisnis ke-10: Membangun Kesadaran tentang Kanker Anak melalui Teknologi Aplikasi Teman Kanker

CCPHI bersama IBM Indonesia melaksanakan Forum Kesehatan & Bisnis ke-10 pada Kamis, 26 April 2018 bertempat di Kantor IBM The Plaza Office Tower Lt. 16, menghadirkan kemitraan antara IBM Indonesia dan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) dengan tema “Membangun Kesadaran tentang Kanker Anak melalui Teknologi Aplikasi Teman Kanker.”

Tujuan program kemitraan tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker anak dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi. Aplikasi ini berfungsi dalam menghubungkan dokter, orang-orang yang pernah terkena kanker dan bertahan atau survivor, pelaku medis, relawan dan semua pihak yang peduli terhadap kanker. Aplikasi ini juga bertujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem guna membantu proses penyembuhan bagi pasien kanker serta memperkenalkan adanya deteksi dini terhadap kanker agar bisa diantisipasi.

Rahmi Adi Putra Tahir, Ketua YOAI menjelaskan, “Aplikasi Teman Kanker ini juga dimaksudkan untuk meluruskan kesalahpahaman yang masih banyak ditemui terkait penyakit kanker, antara lain anggapan bahwa kanker pada anak tidak dapat disembuhkan”.

IBM Indonesia (https://www.ibm.com/ibm/id/en/?lnk=fab_iden) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Berdiri di Indonesia sejak tahun 1937 dengan nama Watson Bedriffsmachine Java NV.  Sedangkan Yayasan Onkologi Anak Indonesia/YOAI (http://www.yoaifoundation.org/about-us-1-who-we-are-lang-id.html) adalah organisasi yang memiliki visi untuk membantu usaha pemerintah dalam pembangunan dibidang kesehatan anak khususnya penanggulangan penyakit kanker pada anak di Indonesia serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker pada anak.

Pertemuan ini dihadiri oleh 44 peserta dari terdiri dari perusahaan, LSM, dan media. Rahmi Hidayati –Yayasan Lentari, sebagai moderator acara ini.