Forum Kemitraan #40: “Menuju Air Minum Aman untuk Semua: Kemitraan antara USAID IUWASH PLUS, LANEIGE, dan SPEAK”

Forum Kemitraan #40 diselenggarakan pada Kamis, 14 Maret 2019 dengan topik: “Menuju Air Minum Aman untuk Semua: Kemitraan antara USAID IUWASH PLUS, LANEIGE, dan SPEAK” bertempat di Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat. Diskusi kemitraan kali ini cukup menarik dengan diskusi seputar kemitraan dalam penyediaan air bersih, sekaligus membahas kemitraan dengan tiga pihak , yaitu USAID IUWASH PLUS sebagai organisasi intermediary, Laneige sebagai donor, dan SPEAK sebagai implementer.

Tema Forum Kemitraan #40 mengulas tentang asal-usul serta proses berjalannya kemitraan yang terjalin di antara USAID IUWASH PLUS, LANEIGE, dan SPEAK. Sebagai salah satu perusahaan kosmetik yang terkenal di kalangan remaja dan dewasa, Laneige tidak hanya berfokus untuk menjual produk-produknya, melainkan juga mengajak para generasi milenial untuk peduli terhadap program yang bermanfaat bagi masyarakat. Laneige menggunakan bahan dasar air sebagai bahan utama dalam produk kosmetik dan skin care mereka, sehingga isu air merupakan isu yang esensial bagi CSR perusahaan. Dalam dua tahun terakhir, Laneige telah menjalin program Konservasi Air Melalui Pembangunan Sumur Resapan di Kota Ternate dan program peningkatan akses air minum melalui sistem Master Meter di Kota Surabaya bersama dengan USAID IUWASH PLUS. Di dalam kemitraan yang terjalin antara USAID IUWASH PLUS dan LANEIGE, SPEAK yang merupakan mitra USAID IUWASH PLUS berperan sebagai implementer dalam hal komunikasi dan advokasi khususnya dalam bidang air bersih.

Forum Kemitraan ini menyimpulkan bahwa komunikasi dalam kemitraan memegang peranan yang sangat penting dalam proses menentukan dan menemukan mitra yang tepat bagi program-program CSR yang terdapat di dalam perusahaan. Tidak hanya sebatas dana, kemitraan yang terjalin di antara tiga pihak juga melingkupi networking dan human capital hingga menemukan partner yang tepat.

Forum Kemitraan #40 dihadiri oleh 61 peserta yang terdiri dari sektor swasta, lembaga riset, institusi pendidikan, maupun lembaga donor. Diskusi kali ini dipandu oleh  Usniati Umayah – USAID IUWASH PLUS.