Dian Rosdiana sebagai moderator bersama dengan narasumber Dialog Kemitraan #8 @ccphi, 2018.

Dialog Kemitraan #8: Peran Kemitraan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam Membangun Daerah

Dialog Kemitraan #8 diselenggarakan pada Selasa, 25 September 2018, dengan topik: “Peran Kemitraan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam Membangun Daerah” bertempat di Paramadina Graduate School, Gedung Tempo, Jakarta Selatan. Dialog Kemitraan kali ini menghadirkan berbagai narasumber yang meliputi perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran, sejarawan, dan ahli komunikasi.  

Dialog Kemitraan #8 mengulas fokus pembangunan Pemkab Pangandaran yang meliputi pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pariwisata, disampaikan oleh Dr. H. M. Agus Nurdin, M.Pd., Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Pangandaran. Asep Khambali sebagai seorang sejarawan kemudian memaparkan mengenai pentingnya peran sejarah dan budaya dalam membentuk sektor pariwisata di Indonesia. Rendra Almatsier selaku CEO Impro Visual Story Teller kemudian melengkapi pembahasan seputar kemitraan dengan penjelasan mengenai pentingnya peran citra dan identitas dalam pembentukan kota dan pariwisata.

Kesempatan kali ini juga dimanfaatkan oleh para peserta untuk membahas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mempromosikan kelebihan suatu daerah, dengan wilayah Pangandaran sebagai contoh. Masih umum ditemui permasalahan seputar infrastruktur/akses jalan yang belum memadai, birokrasi yang rumit, serta terbatasnya SDM yang terlatih untuk mempromosikan suatu daerah dari berbagai aspek. Dari segi marketing dan komunikasi, Rendra Almatsier kemudian menambahkan bahwa masih banyak perwakilan pemerintah daerah yang belum memahami pentingnya pembuatan narasi yang menarik sekaligus membangun branding atau citra sebuah daerah guna mempromosikan kelebihan daerah tersebut, khususnya dalam sektor pariwisata.

Dialog Kemitraan ini menyimpulkan dibutuhkan kemitraan yang kuat oleh pemerintah daerah, perguruan tinggi, serta sektor swasta dalam membentuk kota maupun mempromosikan sektor pariwisata daerah. Untuk itu, proses membangun kepercayaan (trust) dan komunikasi sangat penting di antara berbagai pihak untuk dapat mencapai kemitraan yang diinginkan.

Dialog Kemitraan #8 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Paramadina bekerja sama dengan CCPHI. Diskusi kali ini dipandu oleh Dian Rosdiana – Executive Director CCPHI.