Forum Kemitraan ke-37: Program Masyarakat Tangguh Banjir di Indonesia

CCPHI-IDN 

CCPHI dan Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah bersama Zurich Insurance Indonesia (ZII) dan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan Forum Kemitraan ke-37 pada Selasa, 20 Februari 2018 bertempat di Gedung PMI, menghadirkan kemitraan antara Palang Merah Indonesia (PMI), Federasi Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), dan Zurich Insurance Indonesia (ZII)  dengan tema “Program Masyarakat Tangguh Banjir di Indonesia”.

Tujuan program kemitraan tersebut adalah terlaksananya program masyarakat tangguh banjir yang efektif, untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana banjir. Program dilakukan di 21 desa/kelurahan di 7 kabupaten/kota di 4 propinsi di 3 daerah aliran sungai di pulau Jawa yaitu sungai Ciliwung, Citarum dan Bengawan Solo.

Program kemitraan ini adalah implementasi  kemitraan global yang disepakati pada 2008 oleh  para pihak yaitu: Zurich dan IFRC dengan program di 4 negara, meliputi: Nepal, Peru, Mexico dan Indonesia. Dalam pelaksanaannya di Indonesia, program ini dijalankan oleh  Zurich Insurance Indonesia (ZII - www.zurich.co.id) yang merupakan perusahaan asuransi umum, bagian dari Zurich Insurance Group yang berkantor pusat di Zurich, Swiss. ZII berdiri pada tahun 1991, dan saat ini beroperasi di Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar. Sedangkan pihak IFRC dilaksanakan oleh PMI, anggota IFRC sejak Oktober 1950. IFRC  (IFRC - http://www.ifrc.org/) adalah jaringan kemanusiaan berbasis relawan terbesar di dunia yang mencapai 150 juta orang setiap tahunnya melalui 190 Perhimpunan Nasional. , IFRC bertindak sebelum, selama dan setelah bencana dan keadaan darurat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kehidupan orang-orang yang rentan.

Pertemuan ini dihadiri oleh 45 peserta dari 11 perusahaan, 10 LSM, 1 institusi pendidikan. Sri Hidayati – Manager Program Bungkesmas STF UIN Jakarta, sebagai moderator acara ini.  ( http://www.stfuinjakarta.org/).